Menu

Rabu, 25 November 2015

Holi Fest ^^

Hello everybody…
Berhubung aku suka banget sama budaya India, kali ini aku pengen sharing dikit tentang salah satu budaya disana. And topic yang aku pilih adalah “Holi”. Mungkin sebagian besar orang Indonesia masih belum tau apa itu Holi, yaaa maklum lah bukan milik negeri sendiri. Tapi kalo kebudayaan Indonesia pasti tau semua kan? Harus tau dong! Kalo kita nggak tau, gimana orang asing bisa tau… ya gak? :p
Sebenernya, Holi itu bukan budaya sih, tapi semacam perayaan yang udah berlangsung turun temurun, makanya juga disebut budaya. Buat temen-temen yang masih ngrasa aneh & asing sama kata itu, tenang aja, kita bakal tau apa sih itu Holi, & gimana pelaksanaannya… For further explanation, langsung aja cekidot!

Sejarah Holi dimulai hampir dari abad ke-7 menurut beberapa sumber yang menyiratkan bahwa Holi adalah salah satu festival kuno dari India dengan sejarah yang kaya untuk pelaksanaannya.
Holi adalah perayaan warna.Maksudnya, Holi adalah hari yang penuh dengan kesenangan dan bermain-main karena merupakan salah satu perayaan di mana orang dewasa melepaskan menahan diri mereka dan menikmati festival ini seperti anak-anak. Perayaan ini terjadi saat awal musim semi di India, Nepal Bangladesh dan Negara-negara lain yang memiliki penduduk beragama Hindu. Mmm… tekniknya susah-susah gampang sih… pada tahap pertama mereka berkumpul jadi satu dengan pakaian yang serba putih dan harus putih nggak boleh ada warna lain. Abis itu, mereka bakal dikasih bubuk full colour, ada yang warna merah, hijau, kuning, biru, oren, ungu dan masih banyak lagi deh pokoknya. Tapi, satu orang cuma dapet satu warna aja. Naaah, disinilah tujuan festival Holi ini, yaitu Mengoleksi bubuk warna dari satu sama lain. Mereka juga dikasih pichkaris atau penyemprot air. Bubuk warna tadi dimasukkan kedalam pichkaris dan kalo festival nya udah dimulai, mereka bakal melempar bubuk dari tangan mereka atau menyemprotkan bubuk itu dari pichkaris ke orang lain. Dan biasanya dalam pichkaris juga ditambah air, jadinya air yang berwarna. Itu juga disemprotkan ke orang lain loh… meskipun nggak kenal, juga disemprot aja… Halal.. hehehe




Gambar diatas itu gambar kalo Holi dimulai. Liat deh, samar samar orangnya malah yang kelihatan serbuk yang full colour… agak gak jelas sih, karena terlalu banyak peserta dan masing-masing saling melempar serbuk.. tapi meskipun mereka melempar bubuk, bubuknya nggak bahaya sih kayaknya, coz liat deh foto dibawah ini,, mereka yang semua tubuhnya kena bubuk warna mereka malah pasang muka girang. Asal jangan kena mata yaaa..





Holi berlangsunng selama 16 hari dan biasanya bertepatan dengan akhir Februari atau awal Maret.. Naaah, dalam waktu yang lama itu para penjual serbuk sangat ramai pembeli. Bayangin aja,, hingga puluhan kilogram bubuk mereka gunakan hanya untuk perayaan Holi… semakin banyak serbuk yang ada makin seru pula perayaannya… kalo festival Holi udah dimulai seluruh kota heboh banget deh, ada music tradisional yang langsung dimainkan sama penduduk yang udah senior plus ada tarian-tarian orang india yang terkenal energik dan exciting…




 Puncak perayaan Holi disebut Dhulheti, Dhulandi, atau Dhulendi. Pada hari itu, orang merayakan Holi dengan saling melemparkan bubuk berwarna-warni atau saling menyiramkan air berwarna-warni. Api unggun yang dinyalakan pada malam sebelum Holi disebut Holika Dahan (kematian Holika) atau Chhoti Holi (Holi kecil). Sejarahnya, api dinyalakan untuk mengenang peristiwa lolosnya Prahlada ketika ingin dibakar oleh Holika (saudara perempuan Hiranyakasipu). Holika terbakar dan tewas, namun Prahlad yang penganut setia Dewa Wisnu selamat tanpa luka. Akhir Festival Warna disebut Rangapanchami yang terjadi pada saat Panchami (hari ke-5 bulan purnama).
Gimana? Udah tau tentang Holi? Emang sulit sih kalo pengen ngerti 100% tanpa kesana & berpartisipasi langsung buat Holi… moga aja, kita bisa pergi ke India atau Negara lainnya yang ada festival Holi nya biar bisa ngrasain dilempar & nglempar serbuk ke muka orang lain… kan kalo di Indonesia nglempar ke orang lain bisa dipenjara, kalo waktu Holi kan nggak ditangkep… hehehe.. 

Hmb,,, sampek sini dulu ya info dari Mein… masio singkat & nggak jelas, tapi moga bisa nambah wawasan tentang budaya luar. 

Alvida!!!
sumverr : http://3xcube.blogspot.co.id/2013/04/holi-perayaan-warna.html?showComment=1448463209823#c6517392821441199993 (diambil lurus-lurus... maaf yaahh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar